PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS VIII B SMP DIPONEGORO 10 PEKUNCEN

SAPUTRI, WAHYU NUR HIDAYATI DWI (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS VIII B SMP DIPONEGORO 10 PEKUNCEN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (644kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penilitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika melalui pembelajaran inkuiri pada siswa kelas VIII B SMP Diponegoro 10 Pekuncen. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B dengan jumlah siswa 42 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki - laki dan 21 siswa perempuan. Prosedur penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus, setiap siklus terdiri tiga kali pertemuan yaitu dua kali pertemuan untuk penyampaian materi dan satu kali pertemuan diberikan tes evaluasi. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini, untuk memperoleh data kemampuan penalaran matematika siswa digunakan tes kemampuan penalaran m atematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata - rata siswa 59,6 dengan kriteria cukup dengan ketuntasan belajar 47,62% pada siklus I. Pada siklus II, diperoleh nilai rata - rata siswa 72,07 dengan kriteria baik dengan ketuntasan belajar 71 ,43%. Pada siklus III, diperoleh nilai rata - rata siswa 75,7 dengan kriteria baik dengan ketuntasan belajar 88,10%. Sedangkan rata - rata aktivitas siswa pada siklus I yaitu 61,90% dengan kriteria baik, rata - rata aktivitas siswa pada siklus II yaitu 76,79% de ngan kriteria baik, dan rata - rata aktivitas siswa pada siklus III yaitu 82,14% dengan kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar matematika dan penalaran matematika siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Erni Widyastuti, S.Si.,M.Si., dan Chumaedi Sugihandardji, S.Si., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Penalaran Matematika, Inkuiri.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 27 Nov 2017 01:51
Last Modified: 27 Nov 2017 01:51
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5682

Actions (login required)

View Item View Item