P E NINGKAT AN RASA NASIONALISME DAN PRESTASI SISWA DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN KWARGANEGARAAN PADA MATERI DAMPAK GLOBALISASI MELALUI PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE TIPE RANK ORDER DI KELAS I V SD N 1 PURWOKERTO WETAN

ANWAR, SYAEFUL (2015) P E NINGKAT AN RASA NASIONALISME DAN PRESTASI SISWA DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN KWARGANEGARAAN PADA MATERI DAMPAK GLOBALISASI MELALUI PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE TIPE RANK ORDER DI KELAS I V SD N 1 PURWOKERTO WETAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (677kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (624kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya rasa nasionalisme dan prestasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nasionalisme dan prest asi belajar siswa mata pelajaran PKn materi dampak globalisasi melalui pembelajaran value clarification t echnique tipe rank o rder . Subye k penelitia n adalah siswa kelas IV SD N 01 Purwokerto Wetan dengan jumlah siswa 39 . Penelitian tindakan ke las dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap pelaksanaan siklus terdiri dari 2 pertemuan, 1 pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan lembar aktivitas siswa. Untuk mengetahui sikap peduli sosial siswa menggunakan angket ras a nasionalisme dan untuk memperoleh data prestasi belajar menggunakan lembar evaluasi soal uraian pada akhir pembelajaran dimasing -masing siklus . Berdasarkan hasil penelitian rasa nasionalisme siklus I diperoleh rata -rata 2,86 dan persentase 71,57 % dan siklus II diperoleh rata -rata 3, 55 dan persentase 82,59 %. Hasil penilaian prestasi belajar siklus I diperoleh rata -rata kelas 90,38 dengan persentase 82,05 % dan siklus II diperoleh rata -rata kelas 78,07 dengan persentase 92,30 %. Den gan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran value clarification t echnique tipe (rank o rder) . dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn kelas IV SD N 01 Purwokerto Wetan .

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd, dan Drs. Pamujo, M.M, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: sikap cinta tanah air , prestasi , PKn, vct tipe rank o rder
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 27 Nov 2017 01:43
Last Modified: 27 Nov 2017 01:43
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5681

Actions (login required)

View Item View Item