ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN PADA MUATAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

ARDIANTO, SIMUN (2015) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN PADA MUATAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (910kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan menulis karangan narasi siswa (2) mengetahui bentuk-bentuk kesalahan penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan dan tata bahasa pada hasil karangan narasi siswa dengan tema Peristiwa dalam Kehidupan pada muatan Bahasa Indonesia kelas V di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan teknik tes dan studi dokumenter. Data dalam penelitian ini adalah hasil karangan narasi siswa dengan sumber data penelitian adalah siswa kelas V di SD Negeri 1 Pasinggangan yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa secara umum siswa kelas V di SD Negeri 1 Pasinggangan telah mampu membuat karangan narasi sesuai dengan tema yang ditentukan yang dibuktikan dengan capaian nilai rata-rata kelas sebesar 76 dengan kategori BAIK, tetapi masih ditemukan kesalahan penulisan ejaan dan tata bahasa sebanyak 2 52 kesalahan dari 139 data kesalahan yang telah dikumpulkan. Kesalahan dalam penulisan ejaan meliputi kesalahan penggunaan huruf sebanyak 3 3,33 %, kesalahan pemakaian tanda baca sebanyak 22,27 %, kesalahan pemenggalan kata sebanyak 5, 16 %, dan kesalahan penulisan kata sebanyak 30,95 % serta kesalahan tata bahasa sebanyak 3, 56 % meliputi kesalahan penulisan prefiks, konfiks , dan kesal ahan penulisan partikel sebanyak 0,40 %.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M. M., M. Pd., dan Drs. H. Sri Harmianto, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: menulis, karangan narasi, kesalahan ejaan, kesalahan tata bahasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 27 Nov 2017 01:29
Last Modified: 27 Nov 2017 01:29
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5679

Actions (login required)

View Item View Item