UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) PADA SISWA KELAS VIII C SMP PGRI ROWOKELE

BESTARI, PRISKA WORO (2013) UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) PADA SISWA KELAS VIII C SMP PGRI ROWOKELE. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
PRISKA WORO BESTARI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PRISKA WORO BESTARI BAB I.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PRISKA WORO BESTARI BAB II.pdf

Download (756kB) | Preview
[img] Text
PRISKA WORO BESTARI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
PRISKA WORO BESTARI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB)
[img] Text
PRISKA WORO BESTARI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img]
Preview
Text
PRISKA WORO BESTARI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (591kB) | Preview
[img] Text
PRISKA WORO BESTARI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui peningkatan partisipasi aktif siswa kelas VIIIC SMP PGRI Rowokele melalui pembelajaran berbalik (Reciprocal Teaching). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC SMP PGRI Rowokele yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan dan setiap pertemuan waktunya 2 x 40 menit. Setiap siklus meliputi Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Evaluasi Refleksi. Untuk memperoleh data partisipasi aktif dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi partisipasi aktif siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh respon rata-rata partisipasi aktif dilihat dari observasi siswa pada siklus I sebesar 23,87 dengan kriteria kurang baik, siklus II sebesar 44,32 dengan kriteria cukup baik, siklus III sebesar 61,31 dengan kriteria baik, dan prestasi belajar pada siklus I dengan rata-rata nilai 68,11 dengan ketuntasan belajar 81,81%, siklus II dengan rata-rata nilai 77,12 dengan ketuntasan belajar 100%, siklus III dengan rata-rata nilai 68,18 dengan ketuntasan belajar 95,45%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika melalui pembelajaran berbalik (Reciprocal Teaching) dapat meningkatkan partisipasi aktif dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Eka Setyaningsih,S.Si.,M.Si. dan Erni Widiyastuti, S.Si.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Aktif, Reciprocal Teaching, dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 25 Nov 2017 06:08
Last Modified: 25 Nov 2017 06:08
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5673

Actions (login required)

View Item View Item