PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE DI SD NEGERI 3 PLIKEN

UMMAH, NUR ROHMATUL (2013) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE DI SD NEGERI 3 PLIKEN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
NUR ROHMATUL UMMAH COVER.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR ROHMATUL UMMAH BAB I.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR ROHMATUL UMMAH BAB II.pdf

Download (712kB) | Preview
[img] Text
NUR ROHMATUL UMMAH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] Text
NUR ROHMATUL UMMAH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
NUR ROHMATUL UMMAH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img]
Preview
Text
NUR ROHMATUL UMMAH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text
NUR ROHMATUL UMMAH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Hasil wawancara dan observasi menunjukkan rendahnya kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Pliken materi kegiatan ekonomi Indonesia permasalahan yang ada memang harus ditangani dan diatasi terutama peningkatan penanaman karakter serta prestasi belajar. Penelitian ini berupaya untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar IPS siswa melalui sebuah Penelitian Tindakan Kelas. PTK ini menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together menggunakan media puzzle penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi untuk memperbaiki siklus sebelumnya. Subyek penelitian siswa kelas V SD Negeri 3 Pliken berjumlah 19 siswa, 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan tes. Peningkatan kreativitas hasil skala sikap diperoleh 73,56% kriteria kreatif meningkat menjadi 86,21% kriteria sangat kreatif. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata diperoleh siklus I sebesar 65,28 menjadi 73,16. Ketuntasan belajar klasikal siklus I ke siklus II meningkat dari 72,22% menjadi 86,84% siswa tidak tuntas sebanyak 2 siswa jumlah keseluruhan. Disimpulkan pembelajaran melalui model kooperatif tipe Numbered Heads Together menggunakan media puzzle dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar dalam pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi Indonesia di kelas V SD Negeri 3 Pliken.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, MM.,M.Pd dan Drs. Sri Harmianto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Prestasi, Kooperatif, NHT, Puzzle
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 25 Nov 2017 06:03
Last Modified: 25 Nov 2017 06:03
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5672

Actions (login required)

View Item View Item