PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS IV SD NEGERI 2 PAGERAJI

HARYANI, MONICHA JULI (2013) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS IV SD NEGERI 2 PAGERAJI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MONICHA JULI HARYANI COVER.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MONICHA JULI HARYANI BAB I.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MONICHA JULI HARYANI BAB II.pdf

Download (766kB) | Preview
[img] Text
MONICHA JULI HARYANI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)
[img] Text
MONICHA JULI HARYANI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
MONICHA JULI HARYANI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img]
Preview
Text
MONICHA JULI HARYANI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (659kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar matematika materi pecahan di kelas IV SD Negeri 2 Pageraji. Pembelajaran dalam penelitian melalui pendekatan matematika realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari beberapa tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Pageraji dengan jumlah siswa 28 orang. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila kreativitas siswa meningkat ketuntasan kreativitas siswa sekurang-kurangnya 85% dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas VI SD Negeri 2 Pageraji pada materi pecahan nilai rata-ratanya dan ketuntasan siswa yang mendapatkan nilai KKM > 60 sekurang-kurangnya 85%. Hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: Pendekatan matematika realistic dapat meningkatkan kreativitas siswa Hal ini ditunjukan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 14,57 dengan kriteria cukup kreatif. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 17,57 dengan kriteria kreatif. Persentase ketuntasan kreativitas siswa pada siklus I 64,28% dan pada siklus II 89,28%. Pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.Hal ini ditunjukan adanya peningkatan rata-rata nilai pada siklus I sebesar 70,14 dan siklus II sebesar 72,5. Persentase prestasi belajar pada siklus I sebesar 78,37% dan siklus II sebesar 85,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan Kreativitas dan prestasi belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Pageraji.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto,M.Pd dan Drs. Karma Iswasta Eka.M.Si
Uncontrolled Keywords: kreativitas, prestasi belajar, pendekatan matematika realistik, matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 25 Nov 2017 04:29
Last Modified: 25 Nov 2017 04:29
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5670

Actions (login required)

View Item View Item