UPAYA MENINGKATKAN SIKAP BERSAHABAT DAN KEMAMPUAN MENULIS DIALOG SEDERHANA SISWA KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI SD NEGERI 1 TAMANSARI

SANTIKA, MAULINA (2013) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP BERSAHABAT DAN KEMAMPUAN MENULIS DIALOG SEDERHANA SISWA KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI SD NEGERI 1 TAMANSARI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MAULINA SANTIKA COVER.pdf

Download (14MB) | Preview
[img]
Preview
Text
MAULINA SANTIKA BAB I.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MAULINA SANTIKA BAB II.pdf

Download (695kB) | Preview
[img] Text
MAULINA SANTIKA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
MAULINA SANTIKA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
MAULINA SANTIKA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img]
Preview
Text
MAULINA SANTIKA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (703kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap bersahabat siswa yaitu kurang andanya keterbukaan siswa dalam berdiskusi kelompok, dan rendahnya kemampuan menulis dialog sederhana dibawah KKM 65. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan sikap bersahabat dan kemampuan menulis dialog sederhana pada siswa kelas V SD Negeri 1 Tamansari. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Tamansari, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga yang berjumlah 17 siswa, dengan 11 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2012/2013, yakni pada tanggal 20 november sampai dengan 28 November 2012. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian yang dilaksanakan secara kolaboratif. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model penelitian Arikunto. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus melalui empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian sikap bersahabat dan menulis dialog sederhana menggunakan model pembelajaran picture and picture mengalami peningkatan. Data hasil penelitian ini adalah rata-rata sikap bersahabat siswa yaitu dari siklus I 3,21 dengan persentase 95,8%, dan pada siklus II menjadi 3,60 dengan persentase 100%. Rata-rata hasil menulis dialog sederhana yaitu siklus I 71,17 dengan persentase ketuntasan 76,47 % pada siklus II menjadi 80,17 dengan persentase ketuntasan 94,11%. Pembelajaran menggunakan model Picture and Picture dapat meningkatkan sikap bersahabat siswa dan kemampuan menulis dialog sederahana.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Enuh Zainuddin, M.A. dan Drs. Sony Irianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: sikap bersahabat, kemampuan menulis, model pembelajaran picture and picture, SD Negeri 1 Tamansari
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 25 Nov 2017 04:21
Last Modified: 25 Nov 2017 04:21
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5668

Actions (login required)

View Item View Item