STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF TENTANG PENYESUAIAN SOSIAL PESERTA DIDIK PADA KELAS AKSELERASI DI SMP NEGERI I PURWOKERTO

SLAMET, FAKHRI RAKHMADI (2015) STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF TENTANG PENYESUAIAN SOSIAL PESERTA DIDIK PADA KELAS AKSELERASI DI SMP NEGERI I PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
FAKHRI RAKHMADI SLAMET COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FAKHRI RAKHMADI SLAMET BAB I.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FAKHRI RAKHMADI SLAMET BAB II.pdf

Download (711kB) | Preview
[img] Text
FAKHRI RAKHMADI SLAMET BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
FAKHRI RAKHMADI SLAMET BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] Text
FAKHRI RAKHMADI SLAMET BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img]
Preview
Text
FAKHRI RAKHMADI SLAMET DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text
FAKHRI RAKHMADI SLAMET LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyesuaian sosial peserta didik kelas akselerasi di SMP Negeri I Purwokerto. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas akselerasi SMP Negeri I Purwokerto yang berjumlah 40. metode pengumpulan data dengan menggunakan instrumen skala penyesuaian sosial. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment Pearson, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Skor validitas untuk skala penyesuaian sosial bergerak dari aitem terendah sampai aitem tertinggi yaitu r  0,313 sampai r  0,668 dengan skor reliabilitas sebesar α = 0,886 Sedangkan metode analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan bertujuan untuk memberikan deskriptif mengenai subjek penelitian berdasarkan data dari variabel yang diperoleh. Sebanyak 12 peserta didik yang mempunyai penyesuaian sosial dengan kategori tinggi, 18 peserta didik yang memiliki penyesuian sosial yang dengan kategori sedang,8 peserta didik yang memiliki penyesuaian sosial dengan kategori rendah sedangkan 2 peserta didik yang memiliki penyesuaian sosial dengan kategori sangat rendah. Dan dari hasil penelitian menunjukan dari 40 peserta didik yang diteliti diaspek penampilan nyata dalam penyesuaian sosial sedang dengan prosentase 52,5% sebanyak 21 peserta didik, penyesuaian diri dengan kategori sedang dengan prosentase 52,5% sebanyak 21 peserta didik, sikap sosial dengan kategori sedang dengan prosentase 50 % sebanyak 20 peserta didik, kepuasan pribadi dengan kategori sedang dengan prosentase 52,5% sebanyak 21 peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Nur’aeni, S.Psi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian sosial, Peserta didik Akselerasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 25 Nov 2017 03:56
Last Modified: 25 Nov 2017 03:56
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5662

Actions (login required)

View Item View Item