UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 KEBASEN MELALUI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH

MARTTONO, EKO BAGUS (2012) UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 KEBASEN MELALUI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
EKO BAGUS MARTTONO COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
EKO BAGUS MARTTONO BAB I.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EKO BAGUS MARTTONO BAB II.pdf

Download (757kB) | Preview
[img] Text
EKO BAGUS MARTTONO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)
[img] Text
EKO BAGUS MARTTONO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
EKO BAGUS MARTTONO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img]
Preview
Text
EKO BAGUS MARTTONO DTAR PUSTAKA.pdf

Download (702kB) | Preview
[img] Text
EKO BAGUS MARTTONO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Kebasen melalui pembelajaran Index Card Match. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Kebasen yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada 3 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan 1 x 40 menit digunakan untuk tes evaluasi. Setiap siklus meliputi Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Evaluasi, dan Refleksi. Untuk memperoleh data partisipasi dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, dan untuk memperoleh tingkat prestasi belajar siswa mengguanakan tes evaluasi pada akhri siklus. Berdasarkan penelitian dengan menggunakan lembar observasi diperoleh respon rata-rata partisipasi siswa pada siklus I sebesar 2,41 dengan kriteria kurang baik, siklus II sebesar 3,26 dengan kriteria cukup baik, siklus III sebesar 3,70 dengan kriteria baik. Kemudiaan dari tes evaluasi pada tiap siklusnya diperoleh rata-rata pada siklus I sebesar 54,06 pada siklus II sebesar 70,03 pada siklus III sebesar 81,25. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika melalui pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII C SMP N 1 Kebasen.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Erni Widiyastuti, S. Si, M. Si dan Drs. Ahmad, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, prestasi, dan pembelajaran Index Card Match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 25 Nov 2017 03:52
Last Modified: 25 Nov 2017 03:52
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5661

Actions (login required)

View Item View Item