UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK MELALUI METODE PEMBIASAAN UCAPAN SALAM SENYUM DAN SAPA PADA ANAK PAUD NGESTI RAHAYU PASIRAMAN LOR KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2012-2013

AGUSTIN, DEWI NGESTI (2013) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK MELALUI METODE PEMBIASAAN UCAPAN SALAM SENYUM DAN SAPA PADA ANAK PAUD NGESTI RAHAYU PASIRAMAN LOR KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2012-2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DEWI NGESTI AGUSTIN COVER.pdf

Download (966kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DEWI NGESTI AGUSTIN BAB I.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DEWI NGESTI AGUSTIN BAB II.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text
DEWI NGESTI AGUSTIN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img] Text
DEWI NGESTI AGUSTIN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DEWI NGESTI AGUSTIN BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img]
Preview
Text
DEWI NGESTI AGUSTIN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (592kB) | Preview
[img] Text
DEWI NGESTI AGUSTIN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan kerjasama pada anak didik PAUD Ngesti Rahayu Pasiraman Lor Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas dengan metode pembiasaan ucapan salam, senyum, dan sapa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan karena masih cukup rendahnya perkembangan moral anak. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan selama dua siklus, dan masing-masing siklus terdiri tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak didik PAUD Ngesti Rahayu yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 8 putra dan 12 putri. Metode yang digunakan dalam perbaikan penelitian ini adalah metode pembiasaan. Data yang diperoleh melalui hasil evaluasi anak dan pengamatan oleh observer. Pengumpulan data dlakukan melalui observasi dan dokumentasi terhadap kemampuan perkembangan moral. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan tekhnik deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap siklus mengalami perubahan dan peningkatan, terbukti pada kondisi awal anak yang berkembang sangat baik ada 6 (30%) anak, anak yang berkembang sesuai harapan ada 3 (15%) anak, anak yang mulai berkembang ada 6 (30%) anak, dan anak yang belum berkembang ada 5 (25%) anak. Pada siklus I ada 11 (55%) anak memiliki kemampuan perkembangan moral sangat baik, 1 (5%) anak yang kemampuan perkembangan moralnya berkembang sesuai harapan, 4 ( 20%) anak yang kemampuan perkembangan moralnya mulai berkembang, dan 4 (20%) anak yang kemampuan perkembangan moralnya belum berkembang. Pada siklus kedua ada 14 (70%) anak yang kemampuan perkembangan moralnya sudah berkembang sangat baik, 2 (10%) anak yang kemampuan perkembangan moralnya mulai berkembang, dan 4 (20%) anak yang kemampuan perkembangan moralnya belum berkembang. Upaya tindak lanjut yang disarankan peneliti kepada guru dan orang tua yaitu untuk memberikan motivasi, untuk lebih mendekatkan diri agar anak bersosialisasi dengan baik kepada lingkungan dan ajarkan anak untuk dapat memiliki rasa percaya diri.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: pEMBIMBING: Prof. Dr.H. Tukiran Taniredja, M.M dan Anita Rosalina, S.T.M,Pd.
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Moral, Pembiasaan Ucapan Salam, Senyum, Sapa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 25 Nov 2017 03:36
Last Modified: 25 Nov 2017 03:36
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5658

Actions (login required)

View Item View Item