PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERPEN DENGAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 PURWANEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA

PURWANTI, - (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERPEN DENGAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 PURWANEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_PURWANTI_PBSI'13.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_PURWANTI_PBSI'13.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_PURWANTI_PBSI'13.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text
BAB III_PURWANTI_PBSI'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img] Text
BAB IV_PURWANTI_PBSI'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img] Text
BAB V_PURWANTI_PBSI'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_PURWANTI_PBSI'13.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_PURWANTI_PBSI'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Purwanegara Kabupaten Banjarnegara” merupakan suatu penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 4 Purwanegara Kabupaten Banjarnegara sehingga prestasi belajar juga dapat ditingkatkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Purwanegara Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklusnya ditempuh dalam empat kali pertemuan dengan masing-masing pertemuan 2 x 40 menit. Masing-masing siklus dilaksanakan melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan data yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes. Teknik tes meliputi pre test dan post test. Sedangkan teknik nontes menggunakan observasi yang digunakan untuk mengamati tindakan guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Pada siklus I cerpen yang digunakan sebagai media pembelajaran berjudul “Berlibur Bersama Teman Sekolah” karya Alvin Syah D.R sedangkan pada siklus II menggunakan cerpen “Sahabatku” Karya Fajar D.S. Hasil dari penelitian ini menunjukkan suatu peningkatan pada setiap siklusnya. Hal tersebut dibuktikan dari hasil evaluasi yang dilakukan pada setiap siklusnya. Pada siklus I, siswa yang tuntas belajar mencapai 19 siswa atau sebanyak 67,86%. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 25 siswa atau sebanyak 89,28%. Berdasarkan nilai hasil evaluasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa memalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerpen di SMP Negeri 4 Purwanegara Kabupaten Banjarnegara.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sukristanto, M.Pd., dan Dra. Isnaeni Praptanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menyimak Cerpen, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Pembelajaran Kemampuan Menyimak Cerpen Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 24 Nov 2017 01:39
Last Modified: 24 Nov 2017 01:39
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5629

Actions (login required)

View Item View Item