MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPA KELAS IV B PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MENGGUNAKAN PENDEKATAN QUANTUM TEACHING DI SDN BANJARSARI KIDUL

YULIYANTI, NOVI (2013) MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPA KELAS IV B PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MENGGUNAKAN PENDEKATAN QUANTUM TEACHING DI SDN BANJARSARI KIDUL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_NOVI YULIYANTI_PGSD'13.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_NOVI YULIYANTI_PGSD'13.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_NOVI YULIYANTI_PGSD'13.pdf

Download (717kB) | Preview
[img] Text
BAB III_NOVI YULIYANTI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_NOVI YULIYANTI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_NOVI YULIYANTI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_NOVI YULIYANTI_PGSD'13.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_NOVI YULIYANTI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tentang meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPA kelas IV B pada materi perubahan wujud benda menggunakan pendekatan quantum teaching di SDN Banjarsari Kidul. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B SDN Banjarsari Kidul yang berjumlah 24 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan, setiap pertemuan waktunya 2 x 35 menit. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa soal evaluasi dan teknik non tes berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar angket tanggung jawab. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah meningkatnya tanggung jawab dan prestasi belajar IPA kelas IVB di SDN Banjarsari Kidul. Pada angket tanggung jawab siswa siklus I rata-ratanya adalah 52,85 dengan ketuntasan klasikal 72,91% termasuk dalam kriteria cukup sedangkan siklus II tanggung jawab siswa meningkat sehingga 56,01 dengan kriteria sangat baik dengan ketuntasan klasikal 91,87% meningkatnya nilai rata-rata tes dari hasil soal evaluasi pada siklus I pertemuan pertama mencapai 69,19 dengan ketuntasan klasikal 70,83%, pada siklus I pertemuan kedua mencapai 80,41 dengan ketuntasan klasikal 70,83%. Jadi nilai rata-rata pada siklus I mencapai 74,78 dengan ketuntasan klasikal 70,83%. Sedangkan pada suiklus II pertemuan pertama nilai rata-rata kelas mencapai 80,83 dengan ketuntasan klasikal 79% dan pada siklus II pertemuan kedua mencapai nilai rata-rata 92,5 dengan ketuntasan klasikal 100%. Jadi pada siklus II mencapai nilai rata-rata 86,6 dengan ketuntasan klasikal 89,5%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Drs. Sony Iryanto, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab, Prestasi Belajar, IPA, Pendekatan Quantum Teaching
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 24 Nov 2017 01:21
Last Modified: 24 Nov 2017 01:21
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5627

Actions (login required)

View Item View Item