UPAYA MENINGKATKAN PERAN AKTIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) SISWA SMP NEGERI 1 CILONGOK

SETIANI, NONI (2014) UPAYA MENINGKATKAN PERAN AKTIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) SISWA SMP NEGERI 1 CILONGOK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_NONI SETIANI_MATEMATIKA'14.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_NONI SETIANI_MATEMATIKA'14.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_NONI SETIANI_MATEMATIKA'14.pdf

Download (640kB) | Preview
[img] Text
BAB III_NONI SETIANI_MATEMATIKA'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text
BAB IV_NONI SETIANI_MATEMATIKA'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_NONI SETIANI_MATEMATIKA'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_NONI SETIANI_MATEMATIKA'14.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_NONI SETIANI_MATEMATIKA'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan peran aktif dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas VIII H SMP N 1 Cilongok melalui Project Based Learning (PjBL). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP N 1 Cilongok yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Untuk memperoleh data peran aktif siswa menggunakan lembar observasi peran aktif siswa sedangkan untuk memperoleh data kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Pada siklus I diperoleh skor rata-rata persentase peran aktif siswa sebesar 57,59% dengan kriteria peran aktif cukup. Pada siklus II skor rata-rata persentase peran aktif siswa sebesar 66,74% dengan kriteria peran aktif baik dan pada siklus III skor rata-rata persentase peran aktif siswa 74,33% dengan kriteria peran aktif baik. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 65,23 dengan kriteria baik. Pada siklus II diperoleh rata-rata nilai siswa sebesar 81,72 dengan kriteria sangat baik. Pada siklus III diperoleh rata-rata nilai siswa sebesar 83,75 dengan kriteria sangat baik. Disimpulkan bahwa Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan peran aktif dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII H SMP N 1 Cilongok.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd, dan Fitrianto Eko Subekti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Peran Aktif, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Project Based Learning (PjBL)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 24 Nov 2017 01:16
Last Modified: 24 Nov 2017 01:16
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5626

Actions (login required)

View Item View Item