UPAYA MENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V PADA POKOK BAHASAN GAYA MAGNET MELALUI METODE EKSPERIMEN DI SDN 01 BABAKAN

PRABANINGTYAS, ENDAH (2013) UPAYA MENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V PADA POKOK BAHASAN GAYA MAGNET MELALUI METODE EKSPERIMEN DI SDN 01 BABAKAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ENDAH PRABANINGTYAS_PGSD'13.pdf

Download (935kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ENDAH PRABANINGTYAS_PGSD'13.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ENDAH PRABANINGTYAS_PGSD'13.pdf

Download (709kB) | Preview
[img] Text
BAB III_ENDAH PRABANINGTYAS_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[img] Text
BAB IV_ENDAH PRABANINGTYAS_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_ENDAH PRABANINGTYAS_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ENDAH PRABANINGTYAS_PGSD'13.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ENDAH PRABANINGTYAS_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya kemandirian dan prestasi belajar IPA siswa kelas V. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajarIlmu Pengetahuan Alam siswa materi gaya magnet melalui metode eksperimen. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 01 Babakan dengan jumlah siswa30.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus.Setiap siklus terdiri 2 pertemuan, yaitu 1pertemuan terdiri 2 jam pelajaran.Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Pengumpulan data diperoleh dari wawancara, test, lembar observasi guru dan siswa dan angket. Hasil kemandirian diperoleh dengan menggunakan angket kemandirian dan untuk data hasil prestasi belajar menggunakan test evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian, kemandirian belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase 71,5 % dengan kriteria baik sedangkan pada siklus II diperoleh persentase 87,67% dengan kriteria sangat baik. Hasil prestasi belajar diperoleh persentase ketuntasan siklus I 60% dengan kriteria cukup baik, dan siklus II diperoleh ketuntasanbelajar sebesar 90% dengan kriteria amat baik.Dengan demikian disimpulkan bahwa metode eksperimendapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V SDN 01 Babakan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Drs. Enuh Zainuddin, M.A.
Uncontrolled Keywords: kemandirian, prestasi belajar, IPA, metode eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 24 Nov 2017 00:15
Last Modified: 24 Nov 2017 00:15
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5611

Actions (login required)

View Item View Item