STUDI EKSPERIMEN METODE PERUMPAMAAN SEBAGAI STIMULUS KEMUNCULAN GAGASAN DALAM MENULIS NONFIKSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUMBANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

SEPTRIANA, HERA (2012) STUDI EKSPERIMEN METODE PERUMPAMAAN SEBAGAI STIMULUS KEMUNCULAN GAGASAN DALAM MENULIS NONFIKSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUMBANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Hera Septriana_JUDUL.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hera Septriana_BAB I.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hera Septriana_BAB II.pdf

Download (616kB) | Preview
[img] Text
Hera Septriana_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text
Hera Septriana_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[img] Text
Hera Septriana_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img]
Preview
Text
Hera Septriana_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (638kB) | Preview
[img] Text
Hera Septriana_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbang mengalami kesulitan dalam menulis nonfiksi. mereka mengalami kesulitan dalam menemukan sebuah gagasan atau ide yang menarik untuk mereka tulis. Banyak siswa yang diam terlalu lama ketika diberi tugas untuk menulis nonfiksi. Oleh karena itu peneliti ingin mengkaji secara teoritis apakah metode perumpamaan dapat menjadi stimulus kemunculan gagasan dalam menulis nonfiksi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yaitu suatu penelitian yang menggunakan percobaan untuk meneliti suatu peristiwa atau kejadian, serta pengamatan terhadap peristiwa atau kejadian disamping itu juga terdapat perubahan yang terjadi pada peristiwa itu sendiri. Data-data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus uji-t (t-tes). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 1 Sumbang. Kelas VII di SMP Negeri 1 Sumbang terdiri dari 5 kelas, dalam 1 kelasnya terdapat 32 siswa. Dari lima kelas tersebut peneliti akan mengambil secara acak 20 siswa di tiap kelasnya. Subjek penelitian diambil melalui pre test dan dari hasil pre test tersebut yang memperoleh nilai rendah akan digunakan sebagai sampel. Dari hasil pre test peneliti mengambil sampel 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Pre test dilakukan 2 kali pengamatan begitu juga pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil analisis dengan menggunakan rumus t-tes menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 14,2121432 lebih besar dari pada ttabel pada level signifikan 5% dengan df= N1+N2-2 (30+30-2) = 58 adalah 2,0021. Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis terbukti dengan hasil nilai thitung lebih besar dari pada nilai ttabel (14,2121432>2,0021) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Maka Ha yang berbunyi metode perumpamaan dapat menjadi stimulus kemunculan gagasan menulis nonfiksi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbang tahun pelajaran 2011/2012 diterima, sedangkan Ho yang berbunyi metode perumpamaan tidak dapat menjadi stimulus kemunculan gagasan menulis nonfiksi pada kelas VII SMP Negeri 1 Sumbang tahun pelajaran 2011/2012 ditolak. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan metode perumpamaan dapat menjadi stimulus kemunculan gagasan dalam menulis nonfiksi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbang Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Eko Suroso, M.Pd. dan Dra. Noorliana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Perumpamaan, Stimulus Kemunculan Gagasan, Menulis Nonfiksi Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 23 Nov 2017 02:55
Last Modified: 23 Nov 2017 02:55
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5588

Actions (login required)

View Item View Item