PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 6 INDAHNYA NEGERIKU MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

SULISTIYOWATI, NURNGAENI (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 6 INDAHNYA NEGERIKU MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (574kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang memadukan materi dari berbagai muatan mata pelajaran yang dibahas dalam suatu topik pembicaraan yang disebut tema. Penggunaan pembelajaran tematik dalam peraturan kurikulum 2013 memiliki perbedaan dibandingkan pembelajaran terdahulu (tradisional) yaitu pada proses pembelajaran dan hasil (penilaian pembelajaran). Penilaian yang dilakukan pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor ini tercantum dalam penilaian KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4. Ketiga aspek tersebut yang akan peneliti observasi dengan mengacu pada hasil belajar siswa kelas IVB semester 1 pada setiap kompetensi inti (KI). Permasalahan yang dialami oleh kelas IVB pada umumnya terdapat dalam hasil belajar siswa yang belum optimal serta kurangnya rasa kerjasama siswa khususnya saat kegiatan kelompok, sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan scientific dengan model project based learning yang akan diadakan di SD Negeri 2 Gombong pada tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah seluruh siswa kelas IVB sebanyak 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama satu minggu. Peneliti akan mengambil tem a pahlawanku dengan membahas satu subtema yaitu perjuangan para pahlawan, satu subtema terdiri dari enam pembelajaran. Satu siklus dilaksanakan untuk tiga kali pembelajaran. Jadi dari enam pembelajaran yang tersedia peneliti membaginya menjadi dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, hasil belajar ranah kognitif pada siklus I diperoleh nilai rata-rata dengan persentase ketuntasan sebesar % dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata dengan persentase ketuntasan sebesar %. Hasil belajar ranah afektif pada siklus I diperoleh dengan persentase ketuntasan sebesar % dan pada siklus II diperoleh dengan persentase ketuntasan sebesar %. Sedangkan hasil belajar ranah psikomotor pada siklus I diperoleh dengan persentase ketuntasan sebesar % dan pada siklus II diperoleh dengan persentase ketuntasan sebesar %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik melalui pendekatan scientific dengan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVB di SD Negeri 2 Gombong Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd., dan Drs. Pamujo, M .M.,M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Penelitian tindakan kelas, hasil belajar, tema pahlawanku subtema perjuangan para pahlawan, pembelajaran tematik, pendekatan scientific , model project based learning , penilaian autentik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 22 Nov 2017 06:24
Last Modified: 22 Nov 2017 06:24
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5568

Actions (login required)

View Item View Item