Upaya Meningkatkan Percaya Diri dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Patikraja Melalui Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) dengan Simulasi Masalah

AZIZAH, NUR (2015) Upaya Meningkatkan Percaya Diri dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Patikraja Melalui Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) dengan Simulasi Masalah. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (850kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (965kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (747kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dan kemampuan komunikasi matematika (tertulis) siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Patikraja melalui pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dengan Simulasi Masalah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Patikraja yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Untuk memperoleh data percaya diri siswa menggunakan angket percaya diri siswa sedangkan untuk memperoleh data kemampuan komunikasi matematika (tertulis) siswa menggunakan tes kemampuan komunikasi matematika (tertulis) siswa. Pada siklus 1 diperoleh rata- rata percaya diri siswa sebesar 2,49 dengan kriteria percaya diri cukup. Pada siklus 2 diperoleh rata-rata percaya diri siswa sebesar 2,93 dengan kriteria percaya diri cukup. Pada siklus 3 diperoleh rata-rata percaya diri siswa sebesar 3,11 de ngan kriteria percaya diri baik. Hasil tes kemampuan komunikasi matematika (te rtulis) siswa pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 56,80 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus 2 diperoleh nilai rata-rata sebesar 67,83 dengan kriteria baik, dan meningkat pada siklus 3 diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,57 dengan kriteria baik. Disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dengan Simulasi Masalah dapat meningkatkan percaya diri dan kemampuan komunikasi matematika (tertulis) siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Patikraja.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Kusno, M.Pd, dan Lukmanul Akhsani, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Percaya Diri, Komunikasi Matematika, Problem Based Learning , Simulasi Masalah
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 22 Nov 2017 06:18
Last Modified: 22 Nov 2017 06:18
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5567

Actions (login required)

View Item View Item