PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X B TPHP SMK NEGERI 1 KALIBAGOR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION

HADIJAH, CICIH (2012) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X B TPHP SMK NEGERI 1 KALIBAGOR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
CICIH HADIJAH COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
CICIH HADIJAH BAB I.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
CICIH HADIJAH BAB II.pdf

Download (847kB) | Preview
[img] Text
CICIH HADIJAH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img] Text
CICIH HADIJAH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
CICIH HADIJAH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img]
Preview
Text
CICIH HADIJAH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text
CICIH HADIJAH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X B TPHP SMK Negeri 1 Kalibagor melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada pokok bahasan program linier. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Kalibagor kelas X B TPHP tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 30 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklus diadakan 3 kali pertemuan, 2 kali pembelajaran dan 1 kali evaluasi. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tinadakan, observasi, evaluasi, dan refleksi.Untuk memperoleh data motivasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan angket motivasi belajar sedangkan untuk memperoleh data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor angket motivasi belajar siswa pada siklus 1 sebesar 62,25 dengan kriteria termotivasi, siklus 2 skor rata-rata sebesar 64,25 dengan kriteria termotivasi, dan pada siklus 3 diperoleh skor rata-rata sebesar 67,25 dengan kriteria termotivasi. Sedangkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata sebesar 67,1 dengan ketuntasan klasikal 83,3%, pada siklus 2 diperoleh nilai rata-rata sebesar 71 dengan ketuntasan klasikal 86,7% dan pada siklus 3 diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,9 dengan ketuntasan klasikal 90%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Kusno, M.Pd. dan Drs. Joko Purwanto, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, pemecahan masalah, group investigation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 21 Nov 2017 03:59
Last Modified: 21 Nov 2017 03:59
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5540

Actions (login required)

View Item View Item