PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI DAUR AIR DI KELAS VSD NEGERI MENGANTI

SARI, SISKA YUFIKA (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI DAUR AIR DI KELAS VSD NEGERI MENGANTI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_SISKA YUFIKA SARI_PGSD'14.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_SISKA YUFIKA SARI_PGSD'14.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_SISKA YUFIKA SARI_PGSD'14.pdf

Download (770kB) | Preview
[img] Text
BAB III_SISKA YUFIKA SARI_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)
[img] Text
BAB IV_SISKA YUFIKA SARI_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_SISKA YUFIKA SARI_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_SISKA YUFIKA SARI_PGSD'14.pdf

Download (709kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_SISKA YUFIKA SARI_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran experiential learning terhadap hasil belajar IPA kelas V di SD Negeri Menganti. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Hasil belajar yang dilaksanakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Pada aspek kognitif pengambilan data dilakukan dengan menggunakan soal evaluasi, aspek afektif menggunakan angket dan aspek psikomotor menggunakan penilaian unjuk kerja. Materi yang diambil dalam penelitian ini yaitu daur air. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen nonparametrik, karena sampel penelitian < 30 siswa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji prasyarat yaitu uji homogenitas, langkah selanjutnya dianalisis yaitu dilakukan uji mann whitney U-Test. Adapun hasil yang diperoleh yaitu pada aspek kognitif menunjukkan Z < -Z α/2 atau -2,13 < -0,01, yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka, model pembelajaran experiential learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA aspek kognitif. Pada aspek afektif menunjukkan Z < -Z α/2 atau -1,46 < -0,01, yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka, model pembelajaran experiential learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA aspek afektif. Pada aspek psikomotor menunjukkan Z < -Z α/2 atau -1,91 < -0,01, yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka, model pembelajaran experiential learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA aspek psikomotor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Drs. Sony Irianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: penelitian eksperimen, model pembelajaran experiential learning, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 20 Nov 2017 02:03
Last Modified: 20 Nov 2017 02:03
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5490

Actions (login required)

View Item View Item