ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE DISCOVERY DENGAN ALAT PERAGA TANGRAM UNTUK MEMAHAMI KONSEP LUAS SEGIEMPAT DAN SEGITIGA

MUGIANTO, . (2013) ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE DISCOVERY DENGAN ALAT PERAGA TANGRAM UNTUK MEMAHAMI KONSEP LUAS SEGIEMPAT DAN SEGITIGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Mugianto_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Mugianto_BAB I.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Mugianto_BAB II.pdf

Download (755kB) | Preview
[img] Text
Mugianto_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)
[img] Text
Mugianto_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB)
[img] Text
Mugianto_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img]
Preview
Text
Mugianto_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text
Mugianto_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui metode discovery dengan alat peraga tangram untuk memahami konsep luas segiempat dan segitiga. Subyek penelitian ini adalah kelas VII D SMP Negeri 1 Kaligondang yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan: (1) lembar observasi untuk mengumpulkan data tentang aktivitas siswa dan guru, (2) lembar angket respons siswa untuk mengetahui motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran ini, dan (3) tes pemahaman konsep untuk mengetahui sejauh mana pemahaman konsep luas segiempat dan segitiga siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Kaligondang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian diperoleh: (1) aktivitas siswa selama pembelajaran berdasarkan kriteria keefektifan adalah efektif, (2) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berdasarkan kriteria yang ditetapkan tergolong baik, (3) respons siswa terhadap pembelajaran adalah positif, dan (4) ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah tidak tuntas, yaitu diperoleh 81,25% siswa tuntas atau sebanyak 26 siswa tuntas dari 32 siswa. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui metode discovery dengan alat peraga tangram untuk memahami konsep luas segiempat dan segitiga adalah tidak efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd. dan Anton Jaelani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Metode Discovery, Pemahaman Konsep Luas
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 20 Nov 2017 01:42
Last Modified: 20 Nov 2017 01:42
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5482

Actions (login required)

View Item View Item