PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 3 SOKARAJA TAHUN AJARAN 2012-2013

SUTYANINGRUM, YUYUN (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 3 SOKARAJA TAHUN AJARAN 2012-2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_YUYUN SUTYANINGRUM_PBSI'13.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_YUYUN SUTYANINGRUM_PBSI'13.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_YUYUN SUTYANINGRUM_PBSI'13.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text
BAB III_YUYUN SUTYANINGRUM_PBSI'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
BAB IV_YUYUN SUTYANINGRUM_PBSI'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_YUYUN SUTYANINGRUM_PBSI'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_YUYUN SUTYANINGRUM_PBSI'13.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_YUYUN SUTYANINGRUM_PBSI'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul “Peningkatan Kemampuan Menulis Berita dengan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 3 Sokaraja”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis berita dengan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Sokaraja. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII F yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Masingmasing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan evaluasi atau refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan melibatkan peneliti yang bertindak sebagai pengajar dan dibantu oleh pengamat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada setiap siklusnya. Pada pre test nilai rata-rata kelas 66 dan yang mencapai tuntas 7 siswa. Setelah dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 79 dan yang tuntas 16 siswa. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 88 dan yang tuntas 25 siswa. Jadi kemampuan menulis berita dengan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Sokaraja menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sukristanto, M. Pd, dan Dra. Isnaeni Praptanti, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition), kemampuan menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 31 Jan 2017 01:34
Last Modified: 31 Jan 2017 01:34
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/548

Actions (login required)

View Item View Item