PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI PENGARUH GLOBALISASI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS IV SD N 1 SIKUMPUL

KOIMAH, ANI (2013) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI PENGARUH GLOBALISASI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS IV SD N 1 SIKUMPUL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ANI KOIMAH_PGSD'13.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ANI KOIMAH_PGSD'13.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ANI KOIMAH_PGSD'13.pdf

Download (777kB) | Preview
[img] Text
BAB III_ANI KOIMAH_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_ANI KOIMAH_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_ANI KOIMAH_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ANI KOIMAH_PGSD'13.pdf

Download (683kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ANI KOIMAH_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar PKn materi pengaruh globalisasi siswa kelas IV SD Negeri 1 Sikumpul, kecamatan Kalibening, kabupaten Banjarnegara. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah peningkatan rasa ingin tahu siswa dan prestasi belajar siswa, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui strategi pembelajaran aktif crossword puzzle (teka-teki silang). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sikumpul yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Adanya peningkatan rasa ingin tahu belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek rasa ingin tahu belajar siswa dalam setiap siklusnya yang semula kurang baik menjadi baik. Pada siklus I diperoleh nilai sejumlah 853 dengan kriteria kurang baik. Pada siklus II diperoleh jumlah 1045 dengan kriteria baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan persentase ketuntasan kelas 70,59 %. Pada siklus II dengan persentase ketuntasan kelas 88,24 %. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif crossword puzzle dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Sikumpul tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sri Harmianto, M.Pd., dan Drs. Pamujo, M.M, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: rasa ingin tahu, prestasi belajar, strategi pembelajaran aktif crossword puzzle
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 20 Nov 2017 01:14
Last Modified: 20 Nov 2017 01:14
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5471

Actions (login required)

View Item View Item