UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS I MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SUBTEMA BENCANA ALAM DI SD NEGERI 1 PATIKRAJA

AZIZAH, DEVI MUKAROMATUL (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS I MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SUBTEMA BENCANA ALAM DI SD NEGERI 1 PATIKRAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img] Text
COVER_DEVI MUKAROMATUL AZIZAH_PGSD'14.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I_DEVI MUKAROMATUL AZIZAH_PGSD'14.pdf

Download (679kB)
[img] Text
BAB II_DEVI MUKAROMATUL AZIZAH_PGSD'14.pdf

Download (789kB)
[img] Text
BAB III_DEVI MUKAROMATUL AZIZAH_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[img] Text
BAB IV_DEVI MUKAROMATUL AZIZAH_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_DEVI MUKAROMATUL AZIZAH_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_DEVI MUKAROMATUL AZIZAH_PGSD'14.pdf

Download (537kB)
[img] Text
LAMPIRAN_DEVI MUKAROMATUL AZIZAH_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reserch) yaitu suatu penelitian yang merupakan bentuk kerjasama/kolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui metode demonstrasi pada subtema bencana alam di kelas I SD Negeri 1 Patikraja aspek afektif, kognitif, dan psikomotor.Subyek penelitian adalah peserta didik kelas I dengan jumlah 29 peserta didik. Proses penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dan 1 pertemuan dilaksanakan dalam 1 hari yaitu 6 x 35 menit. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil belajar dalam penelitian diperoleh menggunakan tes yang diberikan setelah akhir pembelajaran.Hal ini ditunjukkan dengan perolehan hasil belajar peserta didik pada setiap ranah. Hasil belajar peserta didik ranah kognitif pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar 75,86% pada siklus II mencapai ketuntasan belajar 87,35%. Hasil belajar peserta didik ranah afektif pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar 72,56%, pada siklus II mencapai 85,81%. Hasil Belajar peserta didik ranah psikomotor pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan belajar 77,22%, pada siklus II mencapai 86,13%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I SD Negeri 1 Patikraja pada subtema bencana alam ranah afektif, kognitif dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd., dan Drs. Pamujo, MM., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Subtema Bencana Alam
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 20 Nov 2017 00:48
Last Modified: 20 Nov 2017 00:48
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5466

Actions (login required)

View Item View Item