MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

PRIYANTONO, YOGI (2014) MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_AMAM SOLIHUN_PAI'12.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_AMAM SOLIHUN_PAI'12.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_AMAM SOLIHUN_PAI'12.pdf

Download (641kB) | Preview
[img] Text
BAB III_AMAM SOLIHUN_PAI'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
BAB IV_AMAM SOLIHUN_PAI'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img] Text
BAB V_AMAM SOLIHUN_PAI'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_AMAM SOLIHUN_PAI'12.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_AMAM SOLIHUN_PAI'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Manusia Sebagai Makhluk Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jenis penelitian kepustakaan (Library Research) dengan mencari sumber data berupa sumber primer maupun sumber sekunder yang membahas tentang manusia sebagai makhluk pendidikan dalam prespektif pendidikan Islam. Untuk itu, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Dari data-data yang diperoleh dianalisis dengan strategi deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis isi (Content Analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa manusia adalah makhluk terbaik yang diciptakan Allah SWT. Struktur manusia terdiri atas unsur jasmaniah (fisiologis) yaitu berupa Indera pendengaran (Al Sam’u), penglihatan (Al Bashar), penciuman (Al Syum), peraba (Al Lams), dan rohaniah (psikologis) yaitu : Ruh, Nafs, Qalb, ‘Aql. Dalam struktur jasmaniah dan rohaniah telah Allah bekali dengan seperangkat kemampuan dasar (fitrah) dengan potensi ini, manusia mampu berkembang jika manusia mendapat bantuan orang lain atau pendidik secara sengaja agar menjadi manusia muslim yang mampu menjadi khalifah dan mengabdi kepada Allah. Dan adanya ayat-ayat Al-qur’an sebagai perintah ilahi kepada manusia untuk belajar (pendidikan), ini adalah bukti bahwa manusia memang diciptakan olleh Allah sebagai makhluk pendidikan dan setelah manusia terdidik maka manusia sudah siap sebagai khalifah dan ‘abd. Untuk melaksanakan tugas ini Allah membekali dengan seperagkat potensi. Dalam konteks ini, maka pendidikan harus merupakan upaya yang ditujukan ke arah pengembangan potensi yang dimiliki manusia secara maksimal sehingga dapat diwujudkan dalam bentuk konkrit, dalam arti berkemampuan menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi diri, masyarakat dan lingkungannya sebagai realisasi fungsi dan tujuan penciptaannya, baik sebagai khalifah maupun ‘abd.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: H.Mintaraga Eman Surya., Lc.,MA.
Uncontrolled Keywords: Manusia, Pendidikan Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 17 Nov 2017 02:57
Last Modified: 17 Nov 2017 02:57
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5451

Actions (login required)

View Item View Item