KOMPETENSI GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN QUR’AN HADIS KELAS X MADRASAH ALIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN KEMRANJEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

PRATIWI, EVI (2015) KOMPETENSI GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN QUR’AN HADIS KELAS X MADRASAH ALIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN KEMRANJEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_EVI PRATIWI_PAI'15.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_EVI PRATIWI_PAI'15.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_EVI PRATIWI_PAI'15.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text
BAB III_EVI PRATIWI_PAI'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img] Text
BAB IV_EVI PRATIWI_PAI'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
BAB V_EVI PRATIWI_PAI'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
LAMPIRAN_EVI PRATIWI_PAI'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi Guru dalam mengelola pembelajaran Qur’an Hadiskelas X di Madrasah Aliyah Wathoniyah Islamiyah Kebarongan Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan field researchyaitu suatu penelitian dimana penelitian terjun langsung ke lapangan untuk meneliti Kompetensi Guru dalam Mengelola Pembelajaran Qur’an Hadis kelas X di Madrasah Aliyah Watoniyah Islamiyah Kebarongan Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Analisis datanya dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah metode obserasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa Kompetensi Guru dalam Mengelola Pembelajaran Qur’an Hadis kelas X di Madrasah Aliyah Wathoniyah Islamiyah Kebarongan Kemranjen Banyumas terhadap proses pembelajaran meliputi: bahan pembelajaran Qur’an Hadis, perencanaan pembelajaran Qur’an Hadis, Pengelolaan pembelajaran Qur’an Hadis dan Evaluasi pembelajaran. Bahan pembelajaran Qur’an Hadis dengan buku teks dari Depag, menambah buku-buku yang mendukung tentang materi yang di pelajari. Perencanaan pembelajaran Qur’an Hadis kelas X menyusun kegiatan perencanaan pembelajaran secara sistematis, mengidentifikasi konsep-konsep yang akan dibahas dalam kegiatan pembelajaran yang sesuai. Pengelolaan pembelajaran Qur’an Hadis yang ada di kelas X di Madrasah Aliyah Wathoniyah Islamiyah Kebarongan sudah baik, mengenai metode dan medianya. Evaluasi pembelajaran secara umum menggunakan jenis evauasi formatif dan sumatif. Respon siswa terhadap pembelajaran Qur’an Hadis sangat baik, karena guru saat pembelajaran mampu memotivasi siswa untuk memahami dan mempelajari Al-Qur’an dan Hadis dan pada saat guru di kelas mampu menjadikan kelas nyaman dan kondusif

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. A. Sulaeman, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Pembelajaran Qur’an Hadist, Pengelolaan Pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 17 Nov 2017 01:05
Last Modified: 17 Nov 2017 01:05
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5442

Actions (login required)

View Item View Item