UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA MATERI ATMOSFER DAN HIDROSFER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PESERTA DIDIK KELAS VII C SMP MUHAMMADIYAH CILONGOK TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

KUNDIARTI, NINA (2012) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA MATERI ATMOSFER DAN HIDROSFER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PESERTA DIDIK KELAS VII C SMP MUHAMMADIYAH CILONGOK TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (757kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas dengan judul Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Pada Materi Atmosfer Dan Hidrosfer Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Peserta Didik Kelas VII C Di SMP Muhammadiyah Cilongok Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Penelitian ini telah dilakukan pada semester genap pada tahun ajaran 2011/2012, dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada materi atmosfer dan hidrosfer dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada peserta didik kelas V11 C SMP Muhammadiyah Cilongok tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian tersebut dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang meliputi planning (perencanaan), action (pelaksanaan tindakan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi). Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C SMP Muhammadiyah Cilongok dengan jumlah 26 peserta didik yang terdiri dari 8 peserta didik putra dan 18 peserta didik putri. Parameter yang di teliti dalam penelitian ini adalah prestasi belajar peserta didik Hasil penelitian berupa hasil peningkatan prestasi belajar peserta didik. Prestasi belajar peserta didik dapat ditunjukan dari nilai rata-rata pretest dan postest peseta didik. Nilai rata-rata pretest pada siklus I 65 dan pada siklus II rata-rata prestes meningkat menjadi 75. Nilai rata-rata postest pada siklus I 73 dan pada siklus II rata- rata postest meningkat menjadi 81. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a match dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada materi atmosfer dan hidrosfer peserta didik kelas VII C SMP Muhammadiyah Cilongok.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr Sigid sriwanto, M.si dan Dr Sumadi Sutrijat, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Make A Match, Prestasi Belajar, Atmosfer dan Hidrosfer
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 17 Nov 2017 00:52
Last Modified: 17 Nov 2017 00:52
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5438

Actions (login required)

View Item View Item