PENINGKATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE MENGGUNAKAN MULTIMEDIA DI KELAS VB SD NEGERI PANGEBATAN

WIDODO, WAHYU (2016) PENINGKATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE MENGGUNAKAN MULTIMEDIA DI KELAS VB SD NEGERI PANGEBATAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
WAHYU WIDODO COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
WAHYU WIDODO BAB I.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WAHYU WIDODO BAB II.pdf

Download (760kB) | Preview
[img] Text
WAHYU WIDODO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)
[img] Text
WAHYU WIDODO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
WAHYU WIDODO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img]
Preview
Text
WAHYU WIDODO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (703kB) | Preview
[img] Text
WAHYU WIDODO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sikap tanggung jawab siswa dalam mengikuti proses pembelajaran mempengaruhi tinggi rendahnya prestasi belajar yang diperoleh siswa. Kurangnya sikap tanggung jawab siswa ditemukan di kelas VB SD Negeri Pangebatan. Hasil observasi menunjukkan bahwa terdapat beberapa siswa tidak mengerjakan tugas, kurang tanggap terhadap pertanyaan yang diberikan oleh guru, dan siswa cenderung mengandalkan temannya pada saat diskusi kelompok. Prestasi belajar yang kurang maksimal juga dapat dilihat dari hasil pretest, dari 35 siswa yang mengikuti pretest hanya 9 atau 25% siswa yang tuntas belajar dengan jumlah nilai 1790 dengan rata-rata 51,14. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar matematika materi sifat-sifat bangun ruang melalui model pembelajaran Van Hiele menggunakan multimedia di kelas VB SD Negeri Pangebatan pada bulan Mei. Metode yang digunakan dalam peneliitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masingmasing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata skor sikap tanggung jawab siswa 2,84 dengan kriteria baik, dan rata-rata prestasi belajar 68,54 dengan presentase ketuntasan belajar 69,23%. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan rata-rata skor sikap tanggung jawab siswa 3,34 dengan kriteria sangat baik, dan rata rata prestasi belajar 76,62 dengan presentase ketuntasan belajar 82,05%. Berdasarkan hasil olah data, maka melalui model pembelajaran Van Hiele menggunakan multimedia dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar Matematika materi sifat-sifat bangun ruang di kelas VB SD Negeri Pangebatan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Van Hiele; Tanggung Jawab; Prestasi Belajar; Sifat-sifat Bangun Ruang;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 16 Nov 2017 02:30
Last Modified: 16 Nov 2017 02:30
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5420

Actions (login required)

View Item View Item