PENINGKATAN KEMAMPUAN BERTANYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 AJIBARANG KELAS VII MELALUI PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)

RIAWATI, IDA (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERTANYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 AJIBARANG KELAS VII MELALUI PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Ida Riawati_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ida Riawati_BAB I.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ida Riawati_BAB II.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text
Ida Riawati_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[img] Text
Ida Riawati_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Ida Riawati_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img]
Preview
Text
Ida Riawati_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text
Ida Riawati_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa SMP Negeri 1 Ajibarang kelas VII melalui pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Ajibarang yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus,dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk memperoleh data aktivitas guru menggunakan lembar observasi aktivitas guru,aktivitas siswa menggunakan lembar observasi aktivitas siswa sedangkan untuk kemampuan bertanya siswa menggunakan lembar observasi kemampuan bertanya. Hasil penelitian menunjukkan setiap siklusnya selalu meningkat. Dilihat dari frekuensi bertanya pada siklus I ada 10 anak yang mengajukan pertanyaan,siklus II ada 13 anak dan pada siklus III ada 16 siswa yang mengajukan pertanyaan. Dilihat dari jenis pertanyaan yang diajukan siswa dari siklus I rata-rata mengajukan pertanyaan pengetahuan,siklus II pertanyaan pemahaman sedangkan siklus III pertanyaan penerapan. Untuk teknik bertanya juga meningkat siklus I rata-rata 3,9,siklus II rata-rata 5,8 dan siklus III rata-rata 6,9. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan kemampuan bertanya siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ajibarang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd. dan Drs. Ahmad, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bertanya, Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 15 Nov 2017 04:18
Last Modified: 15 Nov 2017 04:18
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5398

Actions (login required)

View Item View Item