UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI PENGARUH GLOBALISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DI KELAS IV MI AL-FATAH CIKADU BELIK

FAOZIYAH, UMU (2013) UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI PENGARUH GLOBALISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DI KELAS IV MI AL-FATAH CIKADU BELIK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Umu Faoziyah_JUDUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Umu Faoziyah_BAB I.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Umu Faoziyah_BAB II.pdf

Download (781kB) | Preview
[img] Text
Umu Faoziyah_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)
[img] Text
Umu Faoziyah_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Umu Faoziyah_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img]
Preview
Text
Umu Faoziyah_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text
Umu Faoziyah_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Pengaruh Globalisasi melalui model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV MI Al-Fatah Cikadu dengan jumlah siswa 20. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, satu pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan lembar observasi siswa, untuk memperoleh data sikap tanggung jawab siswa melalui angket sikap tanggung jawab yang dilakukan pada setiap akhir siklus, sedangkan untuk memperoleh data prestasi belajar dalam penelitian menggunakan lembar evaluasi yang diberikan pada setiap akhir pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian sikap tanggung jawab siswa siklus I diperoleh persentase 70,93% sedangkan prestasi belajar diperoleh ketuntasan 70% . Kemudian hasil penelitan sikap tanggung jawab siswa siklus II diperoleh nilai persentase 86% sedangkan prestasi belajar diperoleh persentase ketuntasan belajar 90%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bawa pembelajaran PKn dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan sikap tanggung jawab siswa dan prestasi belajar Pkn siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Drs. Pamujo, M.M., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sikap Tanggung Jawab, Prestasi Belajar, PKn, TSTS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 15 Nov 2017 03:00
Last Modified: 15 Nov 2017 03:00
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5382

Actions (login required)

View Item View Item