STUDI KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR IPS ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS V SD N 1 BOJONG

LATIFAH, SUCI NUR (2013) STUDI KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR IPS ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS V SD N 1 BOJONG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Suci Nur Latifah_JUDUL.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Suci Nur Latifah_BAB I.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Suci Nur Latifah_BAB II.pdf

Download (769kB) | Preview
[img] Text
Suci Nur Latifah_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB)
[img] Text
Suci Nur Latifah_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Suci Nur Latifah_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img]
Preview
Text
Suci Nur Latifah_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (685kB) | Preview

Abstract

Penelitian berjudul Studi Komparatif Prestasi Belajar IPS Antara Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Berkirim Salam dan Soal dan Model Pembelajaran Langsung di Kelas V SD N 1 Bojong ini telah dilaksanakan pada bulan Desember 2012-Januari 2013 di SD N 1 Bojong Kec. Mrebet Kab. Purbalingga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar IPS dari penerapan dua model pembelajaran berbeda terhadap dua kelas dan apakah terdapat perbedaan prestasi antara keduanya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N 1 Bojong, sedangkan untuk sampelnya diambil seluruh siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dan seluruh siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata post test kelas kontrol sebesar 75 dan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 69. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t dua pihak diperoleh thitung = 1,68 dan ttabel = 2,00 atau -2,00 < 1,68 < 2,00 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya terdapat perbedaan prestasi IPS antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dengan model pembelajaran langsung di kelas V SD N 1 Bojong.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd. dan Drs. Sri Harmianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Studi Komparatif, Prestasi Belajar IPS, Model Kooperatif Tipe Berkirim Salam dan Soal, Model Pembelajaran Langsung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 15 Nov 2017 02:44
Last Modified: 15 Nov 2017 02:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5379

Actions (login required)

View Item View Item