PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT ( TEAM GAMES TOURNAMENT ) DI KELAS V SD NEGERI I KENDAGA

AJI HERU MUSLIM, (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT ( TEAM GAMES TOURNAMENT ) DI KELAS V SD NEGERI I KENDAGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img] Text
AJI HERU MUSLIM - COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AJI HERU MUSLIM - BAB I.pdf

Download (512kB)
[img] Text
AJI HERU MUSLIM - BAB II.pdf

Download (684kB)
[img] Text
AJI HERU MUSLIM - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text
AJI HERU MUSLIM - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB)
[img] Text
AJI HERU MUSLIM - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img]
Preview
Text
AJI HERU MUSLIM - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (994kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Cooperative Learning tipe TGT ( Team Games Tournament ). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Obyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri I Kendaga yang berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes/evaluasi dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa, analisis datanya secara deskriptif kualitati dipersentasekan. Indikator dalam penelitian ini apabila terjadi peningkatan nilai rata-rata individu 7 dan ketuntasan secara klasikal 85%. Hasil penelitian menunjukan model Cooperative Learning tipe TGT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata tes/evaluasi siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai rata- rata siklus I pertemuan I yaitu 77,59 dan kentuntasan secara klasikal 82,76% dan rata-rata siklus I pertemuan II yaitu 79,31 dan ketuntasan secara klasikal adalah 75,86%, jadi nilai rata-rata siklus I yaitu 78,45 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 79,31%, sedangkan pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata yaitu 75,86 dan ketuntasan secara klasikal 89,66% dan siklus II pertemuan II nilai rata-rata yaitu 89,66 dan ketuntasan klasikal 93,11%, jadi nilai rata-rata siklus II yaitu 82,75 dengan ketuntasan klasikal mencapai 91,38%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: 1.Drs. Pamujo, MM.M.Pd, 2.Drs. Sri Harmianto,
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Prestasi Belajar, Pembelajaran TGT, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 14 Nov 2017 00:58
Last Modified: 14 Nov 2017 00:58
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5341

Actions (login required)

View Item View Item