UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN KREATIVITAS MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK AKROSTIK PADA SISWA KELAS VA DI SD NEGERI KARANGDADAP

NURHIDAYATURROHMAH, ADE (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN KREATIVITAS MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK AKROSTIK PADA SISWA KELAS VA DI SD NEGERI KARANGDADAP. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (759kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (585kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas siswa dalam menulis puisi pada mapel Bahasa Indonesia melalui teknik akrostik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri Karangdada p yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki -laki dan 14 siswa perempuan. Tahapan pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan t es dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Untuk memperoleh data hasil menulis puisi, siswa menggunakan lembar evaluasi pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan teknik akrostik dapat meningkatkan kemampuan dan kreativita s menulis puisi. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan menulis puisi siswa pada siklus I ke siklus II. Data yang diperoleh pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 66,67% sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa sebesar 85,19 %. Kreativitas siswa juga menunjukkan peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata -rata kreativitas siswa pada siklus I sebesar 9,74 dengan kriteria cukup kreatif menjadi 12,07 dengan kriteria kreat if pada siklus II.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Enuh Zainuddin, M.A, dan Santhy Hawanti, Ph.D,
Uncontrolled Keywords: kemampuan, kreativitas, menulis puisi, teknik akrostik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 13 Nov 2017 05:36
Last Modified: 13 Nov 2017 05:36
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5331

Actions (login required)

View Item View Item