PENGARUH METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V MATERI PERJUANGAN PARA TOKOH DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN

DIANDARI, TRIA SUKMA (2016) PENGARUH METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V MATERI PERJUANGAN PARA TOKOH DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (637kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Metode yang baik menentukan keberhasilan pembelajaran. Kenyataannya banyak guru yang masih kurang memperhatikan pemilihan metode belajar yang sesuai dengan materi yang akan diajarkannya. Penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan metode SQ3R terhadap prestasi belajar siswa siswa kelas V SD N 4 Karang Tengah tahun pelajaran 2015/2016 dalam pokok bahasan perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian p retest posttest control design . Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 4 Karang Tengah. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan data nilai Ulangan Tengah Semester Genap siswa kelas V yang nantinya akan digunakan sebagai data pretes. Sedangkan hasil tes digunakan sebagai nilai postes. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi IPS semester dua pada bab perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan. Teknik analisa data penelitian ini meliputi analisis uji instrumen penelitian dan analisis uji data hasil penelitian. Analisis uji instrumen penelitian meliputi uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Sedangkan analisis uji data hasil penelitian meliputi uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney. berhubung n 1 +n 2 >20 maka uji hipotesis selanjutnya menggunakan pendekatan kurve normal rumus Z dengan hasil perhitungan Z hitung lebih besar dari Z α/2 atau 5,68037557 >1,96 maka Ho ditolak. Berarti model pembelajaran SQ3R berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V materi perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M, M.Pd., dan Sri Muryaningsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, IPS, SQ3R
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 13 Nov 2017 02:56
Last Modified: 13 Nov 2017 02:56
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5325

Actions (login required)

View Item View Item