UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 3 LENGKONG MATERI PROSES PEMBENTUKAN TANAH MENGGUNAKAN STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS

HIDAYATULLOH, SYAEFUL (2016) UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 3 LENGKONG MATERI PROSES PEMBENTUKAN TANAH MENGGUNAKAN STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (738kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Lengkong materi proses pembentukan tanah menggunakan strategi practice rehearsal pairs. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang ma sing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 27 April sampai 12 Mei 2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V S D Negeri 3 Lengkong yang berjumlah 21 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Indikator dalam penelitian ini adalah (1) adanya peningkatan prestasi belajar siswa, (2) adanya peningkatan prestasi belajar siswa IPA melebihi KKM 70. Hasil penelitian menunjuk an bahwa terjadi peningkatan kerjasama dan prestasi belajar. Kerjasama siswa mengalami peningkatan dari siklus I yai tu 3,00 dengan kriteria baik menjadi 3,77 dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata kelas adalah 59,04 dengan ketuntasan 43 %, sedangkan pa da tindakan siklus II meningkat menjadi 82,47 dengan ketuntsan 90,47 %. J umlah siswa yang tuntas belajar pada kegiatan siklus I berjumlah 9 meningkat menjadi 19 pada siklus II. Kesimpulkan bahwa adanya peningkatan kerjasama dan prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA materi proses pembentukan tanah menggunakan strategi practice rehearsal pairs di kelas V SD Negeri 3 Lengkong.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si dan Yudha Febrianta, M.
Uncontrolled Keywords: IPA, Kerjasama, Prestasi Belajar, Str ategi Practice Rehearsal Pairs
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 13 Nov 2017 02:23
Last Modified: 13 Nov 2017 02:23
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5320

Actions (login required)

View Item View Item