HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA SD NEGERI 2 PASIR KULON

TYASTUTI, SOFIA (2016) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA SD NEGERI 2 PASIR KULON. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (731kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berhubungan dengan permasalahan tentang pola asuh orang tua dan masih rendahnya prestasi belajar IPS yang ditemukan di SD Negeri 2 Pasir Kulon. Penelitian tentang Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar IPS pada Siswa SD N 2 Pasir Kulon bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar. Subyek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V jumlah 30 siswa dan kelas VI berjumlah 29 siswa dengan jumlah keseluruhan 59 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas data dan uji linieritas data) dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar IPS memiliki tingkat hubungan yang kuat. Hal tesebut dibuktikan dari hasil perhitungan bahwa nilai = 0,775 berdasarkan interprestasi korelasi menunjukkan hubungan yang kuat dan diperoleh hasil = 9,259 > =2,021 hasil tersebut menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan pola a suh orang tua dengan prestasi belajar IPS. Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua memiliki hubungan yang kuat dengan prestasi belajar yang diperoleh anak. Pola asuh otoritatif akan menghasilkan anak dengan prestasi yang tinggi, prestasi anak dengan tingkat sedang dihasilkan oleh pola asuh otoritatif, sedangkan pola asuh permisif menhasilkan anak dengan prestasi yang cenderung rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Supriatna, M.Pd. dan Dr. Ana Andriani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pola asuh orang tua dan prestasi belajar IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 13 Nov 2017 02:15
Last Modified: 13 Nov 2017 02:15
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5318

Actions (login required)

View Item View Item