MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SATUAN WAKTU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TPS MEDIA TUNJUK SATU BINTANG SISWA KELAS II DI SD NEGERI 4 RAWALO

TRIASNI, NURMIKA INDRA (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SATUAN WAKTU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TPS MEDIA TUNJUK SATU BINTANG SISWA KELAS II DI SD NEGERI 4 RAWALO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
JUDUL.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (642kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi satuan waktu melalui model pembelajaran cooperative learning Tipe TPS media tunjuk satu bintang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Objek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 4 Rawalo yang berjumlah 34 siswa terdiri dari 19 laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning Tipe TPS media tunjuk satu bintang dapat meningkatan hasil belajar matematika materi satuan waktu. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar pada siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa ranah kognitif ditujukan pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 76, 88 dengan ketuntasan belajar 67, 64 % dan pada siklus II diperoleh rata-rata nilai 88, 82 dengan ketuntasan belajar 88, 23 %, hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I sebesar 79, 63 % dan siklus II sebesar 92, 42 %, hasil belajar siswa ranah psikomotor pada siklus I sebesar 76, 10 % dan siklus II sebesar 91, 17 %. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative learning Tipe TPS media tunjuk satu bintang dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi satuan waktu siswa kelas II SD Negeri 4 Rawalo.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd. dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn., M.A.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Satuan Waktu, Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe TPS Media Tunjuk Satu Bintang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 19 Oct 2016 02:33
Last Modified: 19 Oct 2016 02:33
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item View Item