MENINGKATKAN ANTUSIASME BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENGHAFAL QUR’AN SURAT Al-FATIHAH MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SLINGA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2009/2010

KHOSIYATI, . (2010) MENINGKATKAN ANTUSIASME BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENGHAFAL QUR’AN SURAT Al-FATIHAH MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SLINGA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Khosiyati_JUDUL.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Khosiyati_BAB I.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Khosiyati_BAB II.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text
Khosiyati_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text
Khosiyati_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text
Khosiyati_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img]
Preview
Text
Khosiyati_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
Khosiyati_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode drill dalam meningkatkan antusiasme belajar kompetensi dasar Qur’an Surat Al-Fatihah pada siswa kelas I SD Negeri 1 Slinga semester 1 tahun pelajaran 2009/2010. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini disebut juga penelitian populasi karena jumlah siswa yang kurang dari 100 semua siswa dijadikan populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan persentasi. Hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas menunjukan bahwa penggunaan metode Drill dapat meningkatkan antusiasme belajar siswa selama proses pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dari hasil observasi semua indikator antusiasme belajar siswa pada lembar obervasi dari siklus pertama ke siklus kedua mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu pada siklus pertama rata-rata persentasi antusiasme belajar siswa dari 12 indikator mencapai 67,5% dan meningkat pada siklus kedua menjadi 80%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Makhful, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Antusiasme Belajar, Kompetensi Dasar, Menghafal Qur’an Surat Al-Fatihah, Metode Drill
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 09 Nov 2017 02:12
Last Modified: 09 Nov 2017 02:12
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5236

Actions (login required)

View Item View Item