PENINGKATAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR MATERI PERJUANGAN PARA TOKOH PEJUANG MASA PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DI KELAS V SD NEGERI 1 KEJAWAR

PUTRA, MELKA RIFAI ADE PERMANA (2016) PENINGKATAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR MATERI PERJUANGAN PARA TOKOH PEJUANG MASA PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DI KELAS V SD NEGERI 1 KEJAWAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (807kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (674kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Rendahnya prestasi belajar dan sikap percaya diri siswa menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Permasalahan tersebut muncul karena guru belum menemukan inovasi pembelajaran yang tepat untuk diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan sikap percaya diri siswa pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran course, review, horay (CRH). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Objek penelitian adalah semua siswa kelas V SD Negeri 1 Kejawar yang berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes evaluasi dan lembar observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru. Indikator keberhasilan yaitu 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran course, review, horay (CRH) dapat meningkatkan prestasi belajar dan sikap percaya diri siswa. Hasil sikap percaya diri siswa dibuktikan dengan meningkatnya hasil rata-rata dari siklus I yaitu 2,49 meningkat pada siklus II yaitu 2,74. Hasil prestasi belajar dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu 65 dengan ketuntasan 37%, dan nilai rata-rata kelas pada siklus II yaitu 82,22 dengan ketuntasan 7,78%. Penggunaan model pembelajaran course, review, horay (CRH) dapat meningkatkan prestasi belajar dan percaya diri siswa kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs.Pamujo,MM., M.Pd. dan Pratik Hari Yuwono, M.A.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Percaya Diri, Course Review Horay (CRH)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 08 Nov 2017 07:30
Last Modified: 08 Nov 2017 07:30
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5228

Actions (login required)

View Item View Item