UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KOPERASI DI KELAS IV A SD NEGERI AJIBARANG WETAN

ANTORO, FEBRI (2016) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KOPERASI DI KELAS IV A SD NEGERI AJIBARANG WETAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (815kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya sikap percaya diri dan prestasi belajar IPS. Tujuan penelitian ini adalah: meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar siswa kelas IV A di SD Negeri Ajibarang Wetan melalui penerapan model pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas IV A SD Negeri Ajibarang Wetan dengan jumlah siswa sebanyak 27. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian, dapat dijelaskan bahwa: hasil peningkatan sikap percaya diri siswa meningkat 14,1% dari jumlah skor 1.458 atau 72% dengan kriteria baik menjadi jumlah skor 1.744 atau 86,1% dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis data nilai Ulangan Tengah Semester menunjukkan prestasi belajar siswa masih rendah, rata-rata kelas mencapai nilai 54 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 3 siswa atau 11,1%. Tindakan siklus I memperoleh hasil nilai rata-rata kelas mencapai 63 dengan jumlah siswa tuntas belajar sebanyak 18 siswa atau 66,7%. Persentase ketuntasan belajar belum mencapai indikator keberhasilan 80%. Tindakan siklus II menunjukkan adanya peningkatan, nilai rata-rata kelas mencapai 74 dengan jumlah siswa tuntas belajar 22 siswa atau 81,5%. Persentase ketuntasan belajar telah mencapai indikator keberhasilan 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan sikap percaya diri dan prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS siswa kelas IV A SD Negeri Ajibarang Wetan melalui model pembelajaran Team Quiz.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd., dan Okto Wijayanti, S.Pd., M.A.,
Uncontrolled Keywords: sikap percaya diri, prestasi belajar, model team quiz, IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 08 Nov 2017 06:44
Last Modified: 08 Nov 2017 06:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5225

Actions (login required)

View Item View Item