UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW II DENGAN MEDIA FILM SOEKARNO MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V SD N 1 PASIR KULON

AZIZAH, ANINDA NURUL (2016) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW II DENGAN MEDIA FILM SOEKARNO MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V SD N 1 PASIR KULON. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian tentang upaya meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II dengan media film Soekarno materi proklamasi kemerdekaan indonesia kelas V SD Negeri 1 Pasir Kulon yang telah dilaksanakan pada semester genap mulai bulan Maret- April tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tahap kegiatan tiap siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Berdasarkan hasil peneliti prestasi belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan belajar siswa siklus I sebesar 63% meningkat pada siklus II yaitu 89,6%. Rasa ingin tahu siswa meningkat dari siklus I dengan presentase sebesar 59,9% menjadi 87,6% pada siklus II. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperqatif tipe Jigsaw II dengan media film Soekarno dapat meningkatkan prestasi belajar dan rasa ingin tahu siswa SD Negeri 1 Pasir Kulon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo MM, M.Pd dan Agung Nugroho, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: IPS, Jigsaw II, rasa ingin tahu, media film, prestasi belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 08 Nov 2017 06:29
Last Modified: 08 Nov 2017 06:29
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5224

Actions (login required)

View Item View Item