PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 RAWALO

NUGROHO, NURHADI DWI (2014) PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 RAWALO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_NURHADI DWI NUGROHO_SEJARAH'14.pdf

Download (32MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_NURHADI DWI NUGROHO_SEJARAH'14.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_NURHADI DWI NUGROHO_SEJARAH'14.pdf

Download (750kB) | Preview
[img] Text
BAB III_NURHADI DWI NUGROHO_SEJARAH'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] Text
BAB IV_NURHADI DWI NUGROHO_SEJARAH'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V_NURHADI DWI NUGROHO_SEJARAH'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_NURHADI DWI NUGROHO_SEJARAH'14.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_NURHADI DWI NUGROHO_SEJARAH'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Banyak persepsi dalam diri peserta didik SMA bahwa pelajaran sejarah membosankan karena sajiannya bertele-tele dan untuk menguasainya dibutuhkan kemampuan menghafal yang luar biasa. Untuk mengurangi rasa bosan dalam belajar sejarah guru dituntut untuk menggunakan model PAIKEM (pembelajaran aktif, inovatif, kretif, efisien dan menyenangkan). Model pembelajaran seperti itu dapat menggunakan media, salah satunya dengan menggunakan media internet. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan utama adalah peserta didik dan guru sejarah SMA Negeri 1 Rawalo, informan pendukung adalah Kepala Sekolah dan guru TIK. Tekhnik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Peserta didik menggunakan media internet sebagai salah satu media pembelajaran sejarah ketika mereka mendapatkan tugas sejarah. Guru sejarah menggunakan media internet sebagai salah satu media pembelajaran peserta didik agar peserta didik lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran sejarah, Manfaat yang diperoleh peserta didik dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar adalah mempermudah peserta didik dalam mencari sebuah materi, sedangkan manfaat media internet bagi guru sejarah adalah dapat digunkan untuk mencari bahan ajar, Faktor yang mendukung peserta didik menggunakan media internet dalam pembelajaran sejarah adalah peserta didik yang tak asing lagi dengan media internet.Faktor yang menghambat peserta didik dalam menggunakan media internet adalah peserta didik lebih banyak menggunakan media internet untuk kepentingan non pendidikan seperti facebook, twitter dll.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs.Suwarno, M.Si., dan Prof.Dr.Sugeng Priyadi
Uncontrolled Keywords: Internet, Peserta Didik, Sumber Belajar, Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 26 Jan 2017 05:43
Last Modified: 26 Jan 2017 05:43
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/521

Actions (login required)

View Item View Item