EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 BANYUMAS

ESTININGSIH, . (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ESTININGSIH COVER.pdf

Download (915kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ESTININGSIH BAB I.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ESTININGSIH BAB II.pdf

Download (766kB) | Preview
[img] Text
ESTININGSIH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ESTININGSIH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ESTININGSIH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img]
Preview
Text
ESTININGSIH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text
ESTININGSIH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran discovery terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 1 Banyumas. Subjek penelitian ini yaitu kelas VIIIB dengan 16 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Pencapaian efektivitas pembelajaran discovery didasarkan pada 3 indikator efektivitas yaitu indikator input, process dan output. Indikator input yang diamati dalam penelitian ini yaitu fasilitas pembelajaran dan perlengkapan pembelajaran. Kemudian indikator process yang diamati dalam penelitian ini yaitu aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam pembelajaran discovery. Sedangkan indikator output dalam penelitian ini yaitu hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil pengamatan dari fasilitas dan perlengkapan pembelajaran dalam penelitian ini termasuk dalam kriteria baik. Kemudian hasil pengamatan dari aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran discovery selama 2 kali pertemuan dalam kriteria baik. Sedangkan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis yaitu dalam kriteria baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran discovery terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 1 Banyumas efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Erni Widiyastuti, M.Si dan Lukmanul Akhsani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Discovery,Pemahaman, Konsep, Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 07 Nov 2017 01:20
Last Modified: 07 Nov 2017 01:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5187

Actions (login required)

View Item View Item