DESKRIPSI PROSES SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PURWOKERTO DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

FAUZIAH, AILYS (2015) DESKRIPSI PROSES SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PURWOKERTO DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
AILYS FAUZIAH COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
AILYS FAUZIAH BAB I.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AILYS FAUZIAH BAB II.pdf

Download (896kB) | Preview
[img] Text
AILYS FAUZIAH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] Text
AILYS FAUZIAH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
AILYS FAUZIAH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img]
Preview
Text
AILYS FAUZIAH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (676kB) | Preview
[img] Text
AILYS FAUZIAH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses saintifik yang sedang berjalan pada Implementasi kurikulum 2013. Subyek penelitian ini adalah proses saintifik pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII G SMP Negeri 4 Purwokerto pada materi luas dan keliling lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dimana pada masing-masing pertemuan guru sudah menerapkan semua tahapan pada proses saintifik. Pada tahap mengamati, guru mengajak siswa mengamati tayangan berupa gambar yang berisi masalah matematika. Pada tahap menanya, guru memfasilitasi siswa untuk membuat pertanyaan mengenai hal yang sudah diamati. Pada tahap mengumpulkan informasi, guru memfasilitasi siswa untuk berkelompok mencari informasi tentang pertanyaan yang didiskusikan dari buku-buku yang dimiliki. Pada tahap mengolah informasi, siswa mengolah data-data yang sudah diperoleh untuk mendapatkan penyelesaian dari masalah yang didiskusikan dan pada tahap mengomunikasi, guru memfasilitasi siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka, baik secara individu maupun kelompok.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Erni Widiyastuti, S.Si.,M.Si dan Lukmanul Akhsani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pendekatansaintifik, pembelajaran, matematika, kurikulum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 07 Nov 2017 00:31
Last Modified: 07 Nov 2017 00:31
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5171

Actions (login required)

View Item View Item