PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn PADA MATERI ORGANISASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS V SD NEGERI 1 ADIARSA

SUSANTI, EVI (2012) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn PADA MATERI ORGANISASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS V SD NEGERI 1 ADIARSA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Evi Susanti_JUDUL.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Evi Susanti_BAB I.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Evi Susanti_BAB II.pdf

Download (672kB) | Preview
[img] Text
Evi Susanti_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text
Evi Susanti_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img] Text
Evi Susanti_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img]
Preview
Text
Evi Susanti_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (557kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Pkn Pada Materi Organisasi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Di Kelas V SD Negeri 1 Adiarsa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus yang dilaksanakan empat kali pertemuan dengan pokok bahasan yang sama namun pada indikator yang berbeda, setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil belajar kognitif berupa prestasi belajar siswa yang diperloeh dari tes evaluasi tiap akhir siklus, hasil belajar afektif diperoleh dari lembar angket motivasi belajar yang dibagikan disetiap akhir siklus. Hasil penelitian Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) yang berlangsung selama 2 minggu menunjukan adanya peningkatan dari nilai awal yang dilakukan dengan cara pretes, siklus I dan siklus II. Prestasi belajar pada nilai awal siswa yang tuntas dalam belajar hanya 9 siswa dengan ketuntasan belajar yang dicapai hanya 38 %. Pada siklus I, ketuntasan belajar kelas V mencapai 14 siswa dengan ketuntasan belajar mencapai 58 %. Sedangkan pada siklus II, prestasi belajar dapat diketahui dengan siswa yang tuntas mencapai 20 siswa dari 24 siswa, dengan ketuntasan belajar mencapai 83%. Hasil belajar afektif berupa lembar angket motivasi siswa pada siklus I dengan rata-rata 65,04, dan untuk motivasi pada siklus II mencapai rata-rata 70,88. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Afandi, S.Pd., M.Pd. dan Drs. Pamujo, M.M., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 06 Nov 2017 02:58
Last Modified: 06 Nov 2017 02:58
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5161

Actions (login required)

View Item View Item