UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK WAWANCARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 3 BOBOTSARI TAHUN AJARAN 2011 / 2012

PUSPITARINI, RANNY (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK WAWANCARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 3 BOBOTSARI TAHUN AJARAN 2011 / 2012. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
RANNY PUSPITASARI COVER.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RANNY PUSPITARINI BAB I.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RANNY PUSPITARINI BAB II.pdf

Download (612kB) | Preview
[img] Text
RANNY PUSPITARINI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
RANNY PUSPITARINI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)
[img] Text
RANNY PUSPITARINI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img]
Preview
Text
RANNY PUSPITARINI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text
RANNY PUSPITARINI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : untuk meningkatkan kemampuan menyimak wawancara melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Bobotsari Tahun Ajaran 2011-2012. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Bobotsari. Penelitian ini dilakukan melalui proses pengkajian berdaur yang terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting) dalam dua siklus perbaikan pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan tehnik nontes yang terdiri dari observasi yaitu observasi guru, observasi siswa, dan observasi kelompok.Analisis data dilakukan untuk menganalisis data hasil pembelajaran siswa, ketuntasan belajar, aktivitas siswa dan kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkanbahwa model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak wawancara, dan terdapat peningkatan jumlah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Bobot Sari yang tuntas belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menyimak wawancara setelah pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Pada siklus I jumlah siswa tuntas belajar sebanyak 72,22% pada siklus II meningkat menjadi 88,89% atau mampu mencapai KKM yang ditargetkan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sukristanto, M.Pd dan Dra. Isnaeni Praptanti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: kemampuan menyimak wawancara; model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 26 Jan 2017 02:40
Last Modified: 26 Jan 2017 02:40
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item View Item