UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TEMA PENTINGNYA TATA TERTIB DI RUMAH DAN SEKOLAH DENGAN METODE INQUIRY NILAI DI KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI DONDONG 01 KESUGIHAN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2009/2010

MURDINAH, . (2010) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TEMA PENTINGNYA TATA TERTIB DI RUMAH DAN SEKOLAH DENGAN METODE INQUIRY NILAI DI KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI DONDONG 01 KESUGIHAN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Murdinah_JUDUL.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Murdinah_BAB I.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Murdinah_BAB II.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text
Murdinah_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text
Murdinah_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[img] Text
Murdinah_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img]
Preview
Text
Murdinah_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (536kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaran tema pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah dengan metode inkuiri nilai di kelas I Sekolah Dasar Negeri Dondong 01 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2009/2010. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas I Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yakni siklus I, II, III, tiap pertemuan dilaksanakan selama 2 jam pelajaran (2 x 35 menit). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Dokumentasi berupa nilai hasil belajar pre test, post test dan data mengenai keadaan sekolah. Analisis data untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan menggunakan metode inkuiri nilai tema pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah dapat dilihat pada setiap siklusnya. Pada pre test nilai rata-rata kelas sebesar 52,80, pada post test siklus I meningkat menjadi 58, pada post test siklus II meningkat lagi menjadi 64 dan dalam post test siklus III meningkat lagi menjadi 73,80.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asep Daud Kosasih, S.Pd., M.Ag. dan Drs. Banani Ma’mur, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, Tata Tertib di Rumah dan Sekolah, Metode Inquiry Nilai
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 06 Nov 2017 01:57
Last Modified: 06 Nov 2017 01:57
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5152

Actions (login required)

View Item View Item