PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 1 TINGGARJAYA

RIYADI, RIZQI TAFIP (2014) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 1 TINGGARJAYA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_RIZQI TAFIP RIYADI_PGSD'14.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_RIZQI TAFIP RIYADI_PGSD'14.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_RIZQI TAFIP RIYADI_PGSD'14.pdf

Download (924kB) | Preview
[img] Text
BAB III_RIZQI TAFIP RIYADI_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_RIZQI TAFIP RIYADI_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_RIZQI TAFIP RIYADI_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_RIZQI TAFIP RIYADI_PGSD'14.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_RIZQI TAFIP RIYADI_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh perhatian orang tua dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Tinggarjaya telah dilakukan di kelas V SD Negeri 1 Tinggarjaya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Tinggarjaya. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Tinggarjaya yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket skala (scale) dan dokumentasi. Penghitungan data menggunakan uji homogenitas, normalitas, linieritas, analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari perolehan penghitungan rx1.y = 0,684 dan thitung > ttabel atau 7,127 > 1,671 dan dengan persamaan regresi linier sederhana ̂ = ɑ + bX = 0,045 + 2,429.(X1). Kebiasaan belajar juga berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan hasil rx2.y = 0,676 dan thitung > ttabel atau 6,986 > 1,671 dan persamaan regresi linier sederhana ̂ = ɑ + bX = 0,046 + 2,351 (X2). Perhatian orang tua dan kebiasaan belajar juga menunjukkan hasil R = 0,778 dan Fhitung > Ftabel atau 43,70 > 3,17 yang artinya signifikan dengan persamaan regresi linier ganda yang dihasilkan yaitu ̂ = ɑ + b1X1 + b2X2 = 38,9915 + 1,608 X1 + 1,51 X2. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan terdapat pengaruh yang signifikan antar variabel, yaitu: 1) Terdapat pengaruh perhatian orang tua (X1) terhadap prestasi belajar (Y) yang memberikan sumbangan kontribusi sebesar 46,78%. 2) terdapat pengaruh kebiasaan belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) yang memberikan sumbangan konribusi sebesar 45,69%. 3) Terdapat pengaruh perhatian orang tua (X1) dan kebiasaan belajar (X2) terhadap prestasi belajar yang memberikan sumbangan kontribusi sebesar 60,52%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd., dan Cicih Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Perhatian orang tua, kebiasaan belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 06 Nov 2017 01:24
Last Modified: 06 Nov 2017 01:24
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5145

Actions (login required)

View Item View Item