PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII C SMP MUHAMMADIYAH AJBARANG

HABSARI, HERLINDA N (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII C SMP MUHAMMADIYAH AJBARANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_HERLINDA N HABSARI_MTK'12.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_HERLINDA N HABSARI_MTK'12.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_HERLINDA N HABSARI_MTK'12.pdf

Download (616kB) | Preview
[img] Text
BAB III_HERLINDA N HABSARI_MTK'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img] Text
BAB IV_HERLINDA N HABSARI_MTK'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_HERLINDA N HABSARI_MTK'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_HERLINDA N HABSARI_MTK'12.pdf

Download (561kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_HERLINDA N HABSARI_MTK'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian berjudul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Kelas VII C SMP Muhammadiyah Ajibarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah Ajibarang melalui pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah Ajibarang yang terdiri dari 36 siswa, yaitu 18 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui tiga siklus, setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan dengan alokasi waktu 2x40 menit untuk tindakan pembelajaran dan 1x40 menit untuk pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Untuk mengukur kemampuan pemahaman matematika siswa diadakan evaluasi tiap akhir siklusnya. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match ini dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Pada siklus I rata-rata skor indikator 1 adalah 3,68, indikator 2 adalah 2,91 dan indikator 3 adalah 1,91 dengan ketuntasan belajar 62,85%, pada siklus II rata-rata rata-rata skor indikator 1 adalah 3,95, indikator 2 adalah 3,38 dan indikator 3 adalah 2,94 dengan ketuntasan belajar 74,28% dan pada siklus III rata-rata skor indikator 1 adalah 4,54, indikator 2 adalah 4,27 dan indikator 3 adalah 3,47 dan ketuntasan belajar 88,57%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, S.Si. M.Si., dan Drs. Joko Purwanto, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemahaman matematika, Kooperatif Tipe Make A Match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 06 Nov 2017 00:57
Last Modified: 06 Nov 2017 00:57
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5137

Actions (login required)

View Item View Item