PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TYPE PRESOLUTION POSING SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 SOKARAJA

PARAMITA, DIAN (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TYPE PRESOLUTION POSING SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 SOKARAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DIAN PARAMITA COVER.pdf

Download (14MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIAN PARAMITA BAB I.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIAN PARAMITA BAB II.pdf

Download (919kB) | Preview
[img] Text
DIAN PARAMITA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img] Text
DIAN PARAMITA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DIAN PARAMITA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)
[img]
Preview
Text
DIAN PARAMITA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (771kB) | Preview
[img] Text
DIAN PARAMITALAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model pembelajaran Problem posing type presolution posing di kelas VIII C SMP Negeri 1 Sokaraja. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara Kolaboratif, yaitu peneliti dibantu oleh beberapa peneliti lain. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Sokaraja sebanyak 34 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah keseluruhan proses dan hasil kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan pertemuan pertama 2x40 menit untuk penjelasan materi dan pelaksanaan model pembelajaran Problem posing type presolution posing. Pertemuan kedua yaitu pelaksanaan tes siklus. Teknik untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS), tes, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika di kelas VIII C SMP Negeri 1 Sokaraja mengalami peningkatan yaitu (1) Siswa aktif dalam pembelajaran, sehingga siswa tidak malu dalam mengungkapkan pendapatnya (2) Siswa aktif dan berani mempresentasikan soal / hasil diskusi di depan kelas, bahkan menyanggah dan komentar pendapat teman (3) Siswa terbiasa menyelesaikan soal non rutin dengan pola memahami, merencanakan, menyelesaikan dan menelaah kembali masalah (4) Siswa menyadari manfaat yang diperoleh dari belajar matematika. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika tiap siklusnya yaitu siklus I dengan rata-rata 70,38 meningkat menjadi 72,01 pada siklus II, dan pada siklus III meningkat menjadi 73,52.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Ahmad, M.Pd dan Akhmad Jazuli, M.Si
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah matematika, Problem posing type presolution posing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 03 Nov 2017 09:09
Last Modified: 03 Nov 2017 09:09
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5125

Actions (login required)

View Item View Item