UPAYA MENINGKATKAN SIKAP KEMANDIRIAN D AN PRESTASI BELAJAR PKN D ENGAN METODE WRITING I N THE HERE AND NOW MENGGUNAKAN VIDEO D I KELAS V S D N 1 KARANGKEDAWUNG KECAMATAN SOKARAJA

ATSMARANI, FADHILAH (2016) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP KEMANDIRIAN D AN PRESTASI BELAJAR PKN D ENGAN METODE WRITING I N THE HERE AND NOW MENGGUNAKAN VIDEO D I KELAS V S D N 1 KARANGKEDAWUNG KECAMATAN SOKARAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (763kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (606kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran PKn di SD Negeri 1 Karangkedawung menunjukkan bahwa proses pembelajaran cenderung berpusat pada guru. Proses semacam ini tentu kurang baik terutama bagi peningkatan kemampuan belajar siswa dan kemandirian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama melalui penerapan metode Writing In The Here and Now. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Karangkedawung dengan jumlah siswa 31 yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, angket, dan lembar evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian, peningkatan kemandirian siswa pada siklus I memperoleh persentase 82,39% dan pada siklus II memperoleh persentase 86,61%. Prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan sebesar 70% dan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan sebesar 89,28%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan metode Writing In The Here and Now dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Karangkedawung.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd., dan Yudha Febrianta, S.Pd Jas., M.Or.,
Uncontrolled Keywords: kemandirian, prestasi belajar, PKn, Writing In The Here and Now.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 02 Nov 2017 06:03
Last Modified: 02 Nov 2017 06:03
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5115

Actions (login required)

View Item View Item